Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » PEMANFAATAN ICT dalam MPM

PEMANFAATAN ICT dalam MPM

Written By Unknown on Kamis, 27 Maret 2014 | 22.53



PEMANFAATAN  ICT DALAM MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran biasanya menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) beserta aplikasinya, seperti: perangkat komputer yang tersambung dengan jaringan internet, LCD/proyektor, CD pembelajaran, televisi, bahkan menggunakan web atau situs-situs tertentu dalam internet.
Dalam pembelajaran berbasis ICT, selain dukungan perangkat keras dan perangkat lunak, dukungan koneksi berbasis web (internet) juga sangat diperlukan. Hal ini memungkinkan para siswa dan guru melaksanakan aktifitas pembelajaran tidak harus selalu bertatap muka secara langsung, akan tetapi bisa dengan cara online yang tekoneksi dengan jaringan internet.
Dengan adanya jaringan internet ini seseorang dapat mengakses data apa saja dengan melakukan browsing ke berbagai penyedia data (server) di berbagai belahan dunia. Beberapa fasilitas yang tersedia melalui jaringan internet yang bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran adalah
a)    pencarian informasi dengan menggunakan mesin pencari (search engine) termasuk didalamnya layanan pengelolaan uploud dan download dokumen. Search engine tersebut diantaranya google, yahoo, altavista, ask, dsb.
b)    layanan kelompok diskusi dengan menggunakan mailing-list.
c)    layanan komunikasi melalui surat elektronik (email). Dalam perkembangannya, email dipergunakan sebagai pendukung layanan jejaring sosial seperti facebook, twitter, dsb.
d)    layanan media komunikasi (interaksi) berbasis situs web, seperti blog.
e)    ketersediaan aplikasi/progam yang bersifat freeware (boleh diunduh) untuk media pembelajaran, seperti aplikasi perhitungan zakat, aplikasi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, aplikasi perhitungan warisan, dsb.
 Manfaat Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT

Diantara mafaat penggunaan media pembelajaran berbasis ICT yaitu:
1.    Materi abstrak (diluar pengalaman sehari-hari)
2.    Kekuatan Hypertext (dibandingkan Buku)
3.    Penggambaran ulang object belajar dan pola pikir siswa
4.    Meningkatkan retensi/daya ingat siswa dengan belajar secara multimedia
5.    Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan tenaga
6.    Memungkinkan siswa belajar mandiri, sesuai bakat, kemampuan visual, auditori dan kinestetiknya
7.    Memberikan rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama
8.    Pembelajaran dapat lebih menarik
9.    Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
10.    Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS