1.
Definisi MPM
Pendapat para pakar tentang media pembelajaran :
1)
Gagne (1970) menyatakan bahwa media adalah berbagai
jeniskomponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya
untuk belajar.
2)
Briggs (1970) berpendapat bahwa media adalah segala
alat fisik yangdapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar.
3)
Gerlac & Ely (1971) mengatakan bahwa media apabila
dipahamisecara garis besar adalah manusia, materi atau kejadian yangmembangun
kondisi yang membuat peserta didik memperoleh pengetahuan, ketrampilan,
atau konsep.
4)
Hamidjojo (1993) memberi batasan media sebagai semua
bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan
ide,gagasan, dan pendapat, sehingga ide, gagasan, atau pendapat yangdikemukakan
itu dapat diterima oleh penerima yang dituju.
5)
Dalam dunia pendidikan Arief S. Sadiman menyatakan
bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan
pesan dari pengirim kepenerima sehingga dapatmerangsang pikiran, perasaan,
minat, serta perhatian siswasedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi.
6)
Asosiasi Pendidikan Nasional (National Education
Association/NEA)memiliki pengertian yang berbeda yakni, media adalah
bentuk-bentuk media komunikasi baik tercetak maupun audiovisual
serta peralatannya.
7)
Umar Hamalik, pakar pendidikan
Indonesia menyatakan mediaadalah alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam
rangkalebih mengefektifkan komunikasi dan interest antara guru dan
anak didik dalam proses pendidikan dan pembelajaran disekolah
8)
E. De Corte dalam WS.Winkel menyatakan bahwa
media pembelajaran adalah suatu sarana non personal (bukan manusia) yang digunakan atau disediakan oleh tenaga
pengajar yangmemegang peranan penting dalam proses belajar mengajar,
untuk mencapai tujuan intruksional.
9)
Latuheru(1988:14), menyatakan bahwa media
pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan
belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara
guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.
Berdasarkan definisi tersebut, media pembelajaran memiliki manfaat yang besar
dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran.
10) Schramm:
“media pembelajaran adalah teknologi pembawa pesan (informasi) yang dapat
dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.”
Dari berbagai pendapat tersebut, bisa kita simpulkan
bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan
untuk menyalurkan informasi dari pengirim pesan (guru) ke penerima
pesan(siswa), sehingga merangsang siswa untuk berfikir danmemperhatikan proses
pembelajaran agar proses belajar dapat terjadi.
0 komentar:
Posting Komentar